Love Language (Bahasa Kasih)

Gambar

LOVE

(noun) Cinta, Kasih, Sayang, Cinta kasih.

(verb) Mencintai, Menyayangi, Mengasihi

Well, kata yang satu ini adalah kata yang paling sering kita denger. Dimana pun, kapan pun dan dengan siapa pun kita bisa denger orang bilang “I Love You” satu sama lain. Apalagi buat yang udah punya pasangan  pasti suka kan bilang sama pasangannya I love You??? hahahaha NGAKU!. karena udah sering didenger inilah mungkin makna atau arti dari kata I LOVE YOU ini sudah mulai pudar maknanya. Makanya mungkin banyak dari kita terkadang meskipun si pasangan selalu bilang “I Love You, honey” kita sudah ga lagi merasakan spark cinta yang dimaksud.

Nah loh! Kalau memang begitu gimana donk caranya agar kita bisa kembali merasakan spark cinta dari pasangan masing-masing??

Jawabannya ada di judul yang aku tulis diatas ini LOVE LANGUAGE atau BAHASA KASIH.

Bahasa Kasih adalah bagaimana cara kita bisa mengungkapkan rasa sayang kita atau rasa cinta kita kepada pasangan kita. Bahas kasih setiap orang beda, jadi mungkin bahasa kasih yang kamu miliki sama pacar mu bisa jadi berbeda. So, kenali dengan baik bahasa kasih dari pasangan mu ya. Jangan pasangan orang lain.. hehehehehehe

Apa sih Bahasa Kasih itu??

Gary Chapman dalam bukunya yang berjudul “The Five Love Language” menuliskan bahwa ada 5 bahasa kasih yaitu, Pujian, Waktu bersama, Pelayanan, Hadiah dan sentuhan fisik.

HADIAH

Present or Gift
Present or Gift

Hadiah adalah bahasa kasih yang pertama akan kita bahas. Baik pria ataupun wanita pasti suka untuk diberikan hadiah. pertanyaannya “tekor donk kalau terus-terusan dikasi barang”, eitss! tunggu dulu. hadiah itu bukan berarti harus sesuatu yang mahal loh. Hadiah itu adalah bisa diartikan sebagai suatu hal yang kita berikan tanpa ada imbalan lagi. Hadiah bisa loh dalam bentuk misalnya kita tau nih si pacar lagi banyak kerjaan kita kasi dia minuman dingin atau alat pijat yang bisa ngilangin rasa penat dia atau nih kita udah tau hari Anniversary udah deket cari kado apa yah?? ga perlu yang mahal loh, cukup setangkai bunga yang harganya kurang lebih Rp. 15000-Rp.20000 aja udah bikin pacar mu seneng sekali. so ladies and gentleman yang punya pasangan dengan bahasa kasihnya hadiah mulailah pikirkan caranya kasi surprise-surprise kecil yang murah meriah.

 

PUJIAN

Pujian atau Penghargaan
Pujian atau Penghargaan

 

Pujian atau Praise. nah kalau pasangan kamu punya bahasa kasih ini jangan pernah pelit pujian karena rang yang memiliki bahasa kasih ini sangat butuh penghargaan atas setiap usaha yang telah dilakukannya. Pujilah mereka dengan tulus, contohnya “wow kamu baru potong rambut yah?? cantik!” atau “kamu ganteng amat yah hari ini!”. Individu yang punya bahasa kasih ini kebanyakan adalah seorang yang detail. Jadi jangan bosan-bosan untuk melihat apa hal baru yang dia lakukan, dan jangan ragu-ragu buat memuji usaha yang telah dilakukan olehnya.

 

WAKTU BERSAMA

Quality Time
Quality Time

Wanktu bersama atau Quality Time. Adalah waktu yang kalian habisakan bersama dengan pasangan. Waktu ini benar-benar dimanfaatkan untuk berdua dan saling membangun keintiman dari masing-masing pasangan. Quality time ini bisa dilakukan dalam berbagai bentuk. Ga harus makan malam yang romantis atau pergi nonton atau jalan-jalan, sebenrnya Quality time bisa dilakuakn di rumah nonton dvd atau sekedar main game bareng. Yang jelas esensi dari quality time adalah saat-saat berdua yang dinikmati bersama-sama denan pasangan kamu. Jadi, yang punya pasangan dengan bahasa kasih ini, coba luangkan waktu kamu sedikit untuk pasangan kamu karena meski hanya 1 atau 2 jam itu sudah bisa menunjukan rasa kasih kamu kepada dia.

 

PELAYANAN

Serve with LOVE
Serve with LOVE

Melayani dengan kasih. Maybe the picture above it’s already tell a lot story about it. Bahasa kasih ini adalah bentuk dari pelayanan atau perhatian yang dap at diberikan kepada pasangan kita. Misalnya untuk para cewek bias kan laid pacar atau suami pulang kerja, coba lah sedikit bisa mengerti bahwa mereka sudah cape jadi ambilin lah  minuman atau tanya dia mau makan apa. atau yang buat laki-laki, coba deh bantu pacarnya atau istrinya mengerjakan tugasnya. tidak perlu setiap hari asal dilakukan berkala [asti ga akan pernah habis rasa sayang yang dirasakan pasangan kamu.

 

SENTUHAN FISIK

Pelukan tanda kasih sayang
Pelukan tanda kasih sayang

Sentuhan fisik ini bisa berupa pelukan, ciuman atau berpegangan tangan. Buat pasangan yang sudah menikah mungkin bisa melakukan lebih jauh seperti hubungan intim (INGET cuma buat yang udah resmi menikah yah! yang belum jangan dulu! kekekekeke). ada beberapa orang yang memiliki sentuhan fisik sebagai bahasa kasih. Mereka yang memiliki bahasa kasih ini akan merasa nyaman dan dicintai apabilan mendapatkan pelukan atau kontak fisik dengan pasangannya.

 

Nah sekarang sudah tau kan apa sih bahasa kasih itu. Setiap manusia memiliki bahasa kasihnya masing-masing. jadi kenali bahasa kasih dari pasangan kamu. Bahasa kasih ini bukan hanya diperlukan untuk pasangan yang sudah menikah, tapi buat kita yang masih pacaran juga ga ada salahnya koq untuk mengenal bahasa kasih dari pacar kalian. karena dengan itu percayalah hubungan kalian pasti akan lebih mesra lahi. hihihihi. dan pastinya kalian juga, dengan bahasa kasih kalian bisa mengetahui bagaimana cara meredakan amarah pasangan kalian. So, kalau  spark cinta kita terus ada, ga mungkin kan kita mau putus?? atau takut bahwa pacar atau pasangan hidup kita akan selingkuh.

Gimana sih cara tau bahasa kasih??

Caranya ga perlu pakai sederet tes psikogi untuk tau bahasa kasih pasangan mu. cukup kamu memberikan perhatian khusus sama pasangan kamu, kamupun bisa tau apa bahasa kasihnya. tapi sebelum itu temukan juga bahasa kasih mu sendiri biar pasangan bisa tau apa sih bahasa kasih mu.

 

Debrief:

Kasih atau Love itu bisa dibina, yang jadi permasalahan adalah apakan kita mau berusaha untuk mebinanya atau mebiarkan hal itu mati begitu saja?

Wujud kasih atau LOVE tidak selalu harus berupa hal yang mewah dan megah, hanya butuh sedikit pengertian dan usaha maka kamu juga bisa merasakan kasih atau cinta dari pasangan mu

 

Love you from the moon and back
Love you from the moon and back

LOVE YOU BEBS!

xoxo

Momo

 

 

Tinggalkan komentar